Siang
sob….. Kembali lagi kita belajar bareng lagi sob. Kali ini kita akan belajar
apa saja sih yang harus kita ubah dalam membuat motor balap atau motor drag? Mari
kita belajar bersama bro, ingat lho bro kita di sini belajar bersama karna ane
bukan guru kalian bro, karna ane sendiri
juga belum jago bro.
Merubah perbandingan kompresi
ini adalah langkah awal para mekanik dalam meningkatkan power mesin. Namun harus
diingat jangan terlalu besar dalam meningkatkan kompresi karna terlalu besar
kompresi maka tenaga mesin berada di awal atau di bawah, sehinga untuk tenaga
atasnya akan hilang. Jadi kita harus sesuakan dengan kebutuhan motor kita.
A.
Cara
meningkatkan kompresi
a) Menganti
piston dengan piston model racing
b) Membubut
head
c) Mengelas
head
d) Mendekatkan
deck clearance
e) Membubut
blok dan piston
B.
Cara
menurunkan kompresi
a) Membubut
dome piston
b) Memperbesar
sequis
c) Memperdalam
coakan klep pada piston
C.
Keuntungan
kompresi tinggi
a) Tenaga
mesin meningkat
b) Tenaga
terasa dari bawah sampai atas
D.
Kerugian
kompresi tinggi
a) Mesin
cepat panas
b) Top
speed akan berkurang
c) Bila
tidak sesuai dengan bahan bakar akan terjadi detonasi
d) Engine
break menjadi besar dan kasar.
Itu
adalah pengetahuan dasar tentang Kompresi motor kita. Dan bagai mana kita
mnegetahui perbandingan kompresi pada motor kita adalah dengan menghitungnya. Adapun
rumus yang di pakai adalah :
Keterangan
:
b
=
Diameter silinder
s
= Langkah
Vc
= Volume ruang bakar
Untuk mengetahui volume ruang
bakar kita bias mengunakan buret lewat lubang busi, nanti hasilnya dikurangi 0,7
ini bertujuan untuk mengurangi dari volume lobag businya. Sekian dulu bro
pengetahuan kita tentang kompresi pada sepeda motor kita. Semoga bermanfaat
bagi semua dan bias menambah ilmu kita bro. Terima kasih telah berkunjung, mari
kita budayakan untuk berbagi ilmu.
0 comments:
Post a Comment