18 December 2013

Perbandingan Kompresi

Siang sob….. Kembali lagi kita belajar bareng lagi sob. Kali ini kita akan belajar apa saja sih yang harus kita ubah dalam membuat motor balap atau motor drag? Mari kita belajar bersama bro, ingat lho bro kita di sini belajar bersama karna ane bukan guru kalian bro, karna ane  sendiri juga belum jago bro.
Merubah perbandingan kompresi ini adalah langkah awal para mekanik dalam meningkatkan power mesin. Namun harus diingat jangan terlalu besar dalam meningkatkan kompresi karna terlalu besar kompresi maka tenaga mesin berada di awal atau di bawah, sehinga untuk tenaga atasnya akan hilang. Jadi kita harus sesuakan dengan kebutuhan motor kita.
A.    Cara meningkatkan kompresi
a)      Menganti piston dengan piston model racing
b)      Membubut head
c)      Mengelas head
d)     Mendekatkan deck clearance
e)      Membubut blok dan piston
B.     Cara menurunkan kompresi
a)      Membubut dome piston
b)      Memperbesar sequis
c)      Memperdalam coakan klep pada piston
C.    Keuntungan kompresi tinggi
a)      Tenaga mesin meningkat
b)      Tenaga terasa dari bawah sampai atas
D.    Kerugian kompresi tinggi
a)      Mesin cepat panas
b)      Top speed akan berkurang
c)      Bila tidak sesuai dengan bahan bakar akan terjadi detonasi
d)     Engine break menjadi besar dan kasar.
Itu adalah pengetahuan dasar tentang Kompresi motor kita. Dan bagai mana kita mnegetahui perbandingan kompresi pada motor kita adalah dengan menghitungnya. Adapun rumus yang di pakai adalah :

Keterangan :
b    = Diameter silinder
s    = Langkah
Vc = Volume ruang bakar

Untuk mengetahui volume ruang bakar kita bias mengunakan buret lewat lubang busi, nanti hasilnya dikurangi 0,7 ini bertujuan untuk mengurangi dari volume lobag businya. Sekian dulu bro pengetahuan kita tentang kompresi pada sepeda motor kita. Semoga bermanfaat bagi semua dan bias menambah ilmu kita bro. Terima kasih telah berkunjung, mari kita budayakan untuk berbagi ilmu.

0 comments:

Post a Comment