29 December 2013

Tentang Bore Up

Sore bro… Sore ini kita akan belajar tentang bore up, Apa itu bore up ? Bore up berarti memperbesar lubang, lubang apa om ? Lha yo lubang diameter silinder kita dong bro, masak lobang hidung, kan kita belajar tentang motor bro. Lha terus biar apa om pakek dibore up segala om ? Tujuan dari bore up untuk menambah kapasitas silinder atau cc motor kita bro, kalau kapasitas silinder kita bertambah maka tenaga motor kita akan bertambah pula bro.
Dalam melakukan bore up kita juga harus mempertimbangkan efek dari bore up itu sendiri bro, karna jika kita melakukan bore up yang terlalu extreme juga tidak baik buat motor kita bro, jadi sesuikan lah dengan porsi motor kita bro. Kalau motor kita untuk harian lebih baik sih jangan terlalu besar, karna efek dari bore up adalah mesin jadi cepat panas (overheat) bro. Kalau motor kita buat balap sih ya terserah bro, tapi juga harus memandang trek ya bro. Karna salah satu efek dari bore up adalah ketahanan mesin dan part akan berkurang bro.
Sebelum kita melakukan bore up pada motor kita lebih baik kita tentukan dulu piston yang akan kita gunakan, agar sesuai dengan cc yang akan kita capai, sesuai dengan pin pistonnya. Pin piston tiap – tiap motor ngak selalu sama ukurannya, ada yang 13 mm, 14 mm, 15 mm dan 16 mm. Tapi ada juga sih mekanik yang melakukan pembesaran pada lubang pin piston kalau pinnya kebesaran atau pun sok pin piston kalau pinnya kekecilan, tapi cara seperti itu tentu sangat riskan dan ketahanan partnya akan berkurang. Dan yang ngak kalah penting kudu diperhatikan adalah bagian atas piston / jenong pada piston, jangan lupa pula untuk coakan klepnya ya bro.
Bore up yang sering dilakukan pada motor Jupiter oleh para mekanik adalah dengan menganti piston dengan milik Kawasaki kaze. Kalau pada motor Jupiter diameter pistonya 51 mm, sedangkan piston kaze 53 mm, karna piston kaze memiliki diameter pin piston sama dengan milik Jupiter dan bisa awet diajak harian. Dengan bore up maka kompresi pada motor kita juga akan bertambah bro, ini makanya motor bila di bore up akselerasinya juga tambah mantab bro. Setelah di bore up tentu cc motor akan bertambah bro, untuk menghitungnnya ane kasih rumusnnya ini bro.
Volume = (3,14 x (D2) x S):4000
Keterangan :
D         = Diameter piston
S          = Stroke / Langkah piston
Kalau rumus rasio kompresi pasti udah tahu kan bro? kan kemarin udah kita bahas tentang Perbandingan Kompresi. Sekian dulu ya bro pembahasan kita tentang bore up, semoga bermanfaat bagi kita semua bro. Terima kasih atas kunjungannya bro, tetep sehat agar tetep bias berkarya.

0 comments:

Post a Comment