02 January 2014

Mendongkrak Performa Motor


Selamat Tahun Baru 2014 Bro… Setelah liburan yang cukup melelahkan, ayo kita belajar kembali bro. Kali ini kita akan membahas cara Mendongkrak Performa Motor kita bro, apa lagi kemarin tahun baru kita gunakan motor kita berkeliling kota – kota. Kita pasti sering merasakan performa motor kita ngedrop, lebih – lebih kalau yang motornya udah lumayan tua bro. motor yang performanya turun bisanya juga gak enak kalau dipakai jalan bro, tarikannya kurang responsif, larinya juga turun, mesin cepet panas.
Lalu kenapa sih motor kita kok bisa turun performanya? Banyak faktor  yang mempengaruhi performa motor kita bro. Biasanya yang paling berpengaruh besar adalah pada usia motor kita bro, kalau usia motor udah terlalu tua dipastikan banyak komponen yang telah aus, karna komponen – komponen pada motor kita bergesek satu dengan yang lain itu yang menyebabkan keausan pada motor kita bro. Itu penyebab kenapa motor tua performanya turun.
Lalu bagaimana cara kita untuk mendongkrak performa motor kita bro? Ada banyak cara untuk mendongkrak performa motor kita bro. Oke, mari kita mulai saja bro.

Ø  Menganti Piston

Keausan pada motor paling sering terjadi pada piston dan dinding silinder, kalau sudah aus maka bisa dipastikan performanya turun. Makanya kita ganti ukuran piston kita atau yang kita sebut bore up ada juga yang menyebut oversize. Ini bertujuan agar volume bahan bakar yang masuk ke silinder dan yang terkompresi lebih maksimal lagi. Saya tidak menganjurkan untuk menganti dengan ukuran yang terlampau extrim bro, cukup kita bore up sebanyak 0,5 mm – 2 mm aja bro, itu bertujuan mencari amannya saja bro, kan motor kita mau kita pakek untuk harian jadi biar tetap awet aja bro, tapi kalau mau tenaganya lebih bertambah dari biasannya ya silahkan menganti dengan yang lebih besar lagi bro.

Ø  Menambah Rasio Kompresi

Dengan meningkatkan Rasio kompresi kita bisa menigkatkan tenaga motor kita, karena dengan meningkatnya rasio kompresi pada motor kita maka bahan bakar akan lebih cepat menjadi api spontan atau terbakar sehinga respon motor kita menjadi cepat. Tentu dengan bertambahnya rasio kompresi akan disertai meningkatnya nilai oktan bahan bakar yang kita gunakan, jadi kita perlu menyesuaikan dengan bahan bakar yang sesuai denga rasio kompresi kita. Lalu bagai mana kita meningkatkan rasio kompresi itu? Ada beberapa cara untuk meningkatkan rasio kompresi, dengan cara memangkas silinder head, blok silinder, meninggikan dome piston sampai merubah disan kubah ruang bakar agar lebih kecil / sempit.

Ø  Disain Ulang Port

Yang saya maksud di sini adalah mendisain ulang port in dan ex, yang sering disebut porting. Ini bertujuan agar bahan bakar yang masuk bisa bebas masuk tanpa terhambat, dan gas sisa pembakaran bisa keluar sempurna. Cara ini sangat disukai para tunner balap, karna dengan cara ini tenaga mesin akan bertambah efisiensi pembakaran akan tercapai. Tapi perlu diingat dalam melakukan porting kita harus hati – hati, jadi alangkah lebih baiknya kita serahkan pada ahlinya saja.

Ø  Karburator

Karburator berguna untuk pengkabutan bahan bakar dan pencampuran bahan bakar dengan udara. Dengan menganti karburator dengan venturi lebih besar akan menambah volume bahan bakar, dengan menganti karburator harus dibarengi dengan menyetel main jet dan pilot jet yang sesuai. Harus dingat dalam pemilihan karburator kita harus sesuaikan dengan motor kita, kalau terlalu kecil maka tenaga akan berkurang karna bahan bakar yang masuk kurang maksimal tapi kalau terlalu besar maka motor kita akan kelebihan bahan bakar yang berujung boros dan motor gak mau lari.

Ø  Noken As

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya Tentang Noken As dan Merubah Noken As kemarin. Merubah noken as bisa mendingkrak performa motor kita bro, tapi kita harus paham dan tahu betul kerja noken as dan bagai mana merubah noken as dengan benar, agar sesuai dengan kebutuhan motor kita bro. kalau ingin mudahnya kalian bisa beli noken as aftermarket yang telah banyak beredar di pasaran, jadi gak perlu ribet tinggal pasang saja, tentu dengan harga yang lumayan.

Ø  CDI

CDI ini adalah otak dari pengapian motor kita bro, CDI berperan penting dalam pengapian dan laju motor kita bro. Kenapa kita harus ganti CDI? CDI standar pabrikan sebenarnya sudah cukup bagus, tapi CDI standar berpatokan pada Rpm rendah sehinga motor kita tidak bisa dipacu dengan kecepatan maksimal karna limiternya pada Rpm rendah. Dengan mengadopsi CDI racing dengan limiter Rpm yang relative lebih tinggi bahkan non limiter maka motor kita dapat diajak lari dengan kecepatan maksimal bro. Dengan mengunakan CDI racing maka motor kita akan bertenaga pada putaran bawah dan atas bro.

Ø  Kenalpot

Kenalpot adalah alat untuk mengeluarkan gas buang yang tidak diperlukan oleh motor ini ke udara, jadi kalau kenalpot terhambat atau kurang los maka gas buang ini akan terhambat yang mengakibatkan tenaga mesin akan menurun. Maka untuk mendongkrak performa motor kenalpot harus sesuai dengan kebutuhan gas buang kita, agar gas buang ini bisa beluar secara los dan tidak terhambat. Cara agar kenalpot tidak mampet biasanya kita merubah diameter pipa kenalpot dengan ukuran yang lebih besar atau dengan menganti dengan kenalpot racing, tapi hati – hati kalau mnegunakan kenalpot racing yang suaranya berisik, bisa ditilang pak POLISI lho.


Cukuplah nanti malah ngelantur sampai ke mana – mana, yang penting tetap hati – hati. Sekian dulu pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat buat kita semua dan terimakasih telah berkunjung. Tetap sehat agar kita tetap bisa berkarya dan belajar bersama.

0 comments:

Post a Comment